Cara Menggunakan Alat Ukur Pin Gauge Yang Benar

September 10, 2024   |   In Measurement

cara menggunakan pin gauge

Pin gauge adalah alat ukur berbentuk seperti pin atau batang silinder yang memiliki ukuran yang sangat presisi. Pin gauge secara khusus dirancang untuk mengukur diameter lubang dengan sangat akurat. Namun tidak hanya untuk mengukur diameter lubang, pin gauge juga dapat Anda gunakan untuk beragam aplikasi industri lainnya, seperti dalam industri otomotif, manufaktur, fabrikasi, dan bidang lainnya yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

Fungsi pin gauge

Satu Set Pin Gauge

Satu Set Pin Gauge

Satu set pin gauge biasanya terdiri dari beberapa pin dengan ukuran yang berbeda-beda, namun selisih ukurannya sangat kecil. Ukuran pin bisa bervariasi, mulai dari interval 0.01 mm, 0.05 mm, hingga beberapa milimeter. Setiap pin biasanya disimpan dalam wadah plastic case terpisah untuk menghindari kerusakan.

Dalam satu set pin gauge biasanya juga disertakan aksesoris pin vise. Aksesoris ini digunakan sebagai pin gauge holder agar lebih mudah digunakan dan menghindari kontak langsung antara jari dengan pin gauge.

Cara Memilih Pin Gauge yang Sesuai

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pin gauge:

1. Ukuran Lubang yang Diukur

Tentukan kisaran diameter lubang yang akan Anda ukur. Kemudian pilih set pin gauge yang mencakup ukuran-ukuran tersebut.

2. Tingkat Ketelitian yang Dibutuhkan

Pertimbangkan tingkat akurasi yang diperlukan untuk pengukuran Anda. Pilih pin gauge dengan tingkat ketelitian yang sesuai.

3. Bahan Pin Gauge

Pin gauge biasanya terbuat dari baja tahan karat atau tungsten carbide. Pilih bahan yang sesuai dengan lingkungan kerja Anda dan kebutuhan ketahanan terhadap korosi.

4. Jenis Pin Gauge

Eisen Pin Gauge Series

Tersedia beberapa jenis pin gauge, seperti master pin gauge, pin gauge set dengan aksesoris pin vise, pin gauge set dengan skala, pin gauge set dengan center hole, pin gauge set untuk kalibrasi mikrometer, dan lain sebagainya. Pilih jenis pin gauge yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Merek dan Kualitas

Pastikan Anda memilih pin gauge dari brand yang terpercaya dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Kami merekomendasikan pin gauge dari brand Eisen, brand alat ukur asal Jepang yang menawarkan berbagai pin gauge dan aksesoris dengan spesifikasi yang beragam.

6. Aksesoris Pin Gauge

Eisen Pin Gauge Accessories

Pertimbangkan apakah Anda membutuhkan aksesoris untuk melindungi pin gauge. Eisen pin gauge menyediakan beragam aksesoris seperti pin vise, pin case, test tube case, spacer, dan carrying case.

Cara Menggunakan Pin Gauge

Cara menggunakan pin gauge

Untuk menggunakan alat ukur pin gauge, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, sediakan 1 set pin gauge dengan rentang ukuran yang sesuai dengan perkiraan diameter lubang yang akan diukur. Selanjutnya, Anda wajib menggunakan sarung tangan atau finger cots. Ini penting agar pin gauge terhindar dari minyak, air, kotoran, dan keringat yang dapat menyebabkan korosi.

Kemudian, Anda dapat memulai pengukuran dengan menggunakan pin gauge diameter terkecil. Pasang pin gauge pada pin vise dan kencangkan sekrup penguncinya. Masukkan pin gauge ke dalam lubang yang akan diukur. Periksa kesesuaian diameter. Jika pin gauge pas masuk ke dalam lubang, berarti diameter lubang sesuai dengan ukuran pin gauge. Namun, jika terasa longgar, lanjutkan dengan menggunakan pin gauge berdiameter lebih besar hingga Anda menemukan pin gauge yang pas dengan lubang benda kerja.

Distributor Pin Gauge di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Eisen Pin Gauge di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan pin gauge di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagramYoutubeLinkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.