Penggunaan Bluetooth Wireless Pada Alat Ukur Sylvac

June 09, 2024   |   In Measurement

Penggunaan Bluetooth Wireless Pada Alat Ukur Sylvac

Profil Bluetooth pada Kaliper Digital Sylvac

Sylvac terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini. Salah satu inovasi terbarunya adalah rangkaian alat ukur yang dilengkapi dengan 3 profil koneksi Bluetooth yang berbeda (SIMPLE, PAIRED, HID). Profil Bluetooth ini dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi, akurasi, dan fleksibilitas dalam pekerjaan Anda.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ketiga profil Bluetooth.

1. SIMPLE Profile

Bluetooth Profile Simple

Pada mode SIMPLE, instrumen Sylvac Anda dapat terhubung ke beberapa perangkat, tetapi hanya satu koneksi yang aktif pada saat bersamaan. Perangkat alat ukur akan memprioritaskan koneksi yang terhubung terlebih dahulu.

Situasi ini ideal jika beberapa orang menggunakan alat ukur Bluetooth yang sama, yang perlu dihubungkan ke beberapa perangkat. Sebaiknya hindari berulang kali memasangkan (pairing) perangkat Bluetooth setiap kali berpindah perangkat.

Instrumen Sylvac juga dapat dihubungkan ke beberapa instrumen Sylvac lainnya melalui dongle Bluetooth (maksimal 8 instrumen per dongle).

2. PAIRED Profile

Bluetooth Profile Paired

Pada mode PAIRED, instrumen Sylvac Anda dan instrumen Sylvac Bluetooth lainnya dapat disambungkan secara permanen (paired) ke perangkat tertentu. Ini memungkinkan Anda memiliki banyak "stasiun kontrol" yang berdekatan dalam area yang sempit.  Situasi ini ideal jika Anda memiliki stasiun kontrol tetap.

Keuntungan mode ini adalah mencegah alat ukur terhubung ke perangkat yang salah.  Namun kekurangannya, tautan antara perangkat dan instrumen harus diatur ulang jika Anda ingin terhubung ke perangkat lain.

Dalam mode PAIRED ini, Anda tetap bisa menghubungkan instrumen Sylvac bersama dengan instrumen Sylvac Bluetooth lainnya menggunakan dongle Bluetooth Sylvac (maksimal 8 instrumen per dongle).

3. HID Profile

Bluetooth Profile HID

Pada mode HID, instrumen Sylvac Anda hanya bisa terhubung ke satu perangkat tertentu. Namun, perangkat tersebut bisa menerima input dari beberapa alat lain (keyboard, pembaca barcode, dll).

Dalam mode ini, alat ukur Bluetooth akan berfungsi seperti keyboard nirkabel. Kaliper dapat langsung mengirim data ke program atau perangkat apapun tanpa perlu pengaturan tambahan.  

*Catatan: koneksi antara alat ukur dan perangkat harus diatur ulang jika Anda ingin terhubung ke perangkat lain.

Keuntungan mode ini adalah Anda bisa langsung menghubungkan alat ukur Sylvac ke perangkat tanpa memerlukan dongle Bluetooth Sylvac tambahan.

Cara Memilih Profil Bluetooth Sylvac

1. Mengaktifkan Bluetooth pada Instrumen Sylvac

Cara Mengaktifkan Bluetooth pada Instrumen Sylvac

Untuk mengaktifkan teknologi Bluetooth pada instrumen Sylvac, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Mode berulang kali hingga menu "bt" muncul di layar.

  • Masuk ke menu dengan menekan tombol Set. 

  • Tekan sekali lagi tombol Set hingga pilihan "On" muncul.

  • Konfirmasi pilihan dengan menekan tombol Data.

  • Bluetooth telah aktif.

2. Memilih Profil Bluetooth Sylvac (SIMPLE, PAIRED, HID)

Cara Memilih Profil Bluetooth (SIMPLE, PAIRED, HID)

Untuk memilih profil Bluetooth yang Anda butuhkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol Mode selama lebih dari 2 detik untuk masuk ke daftar menu lanjutan.

  • *Selanjutnya, tekan tombol Mode berulang kali hingga menu "bt CFG" muncul.

  • Masuk ke menu dengan menekan tombol Set. Tekan tombol Set sekali lagi hingga profil yang Anda inginkan muncul ("SIMPLE", "PAIRED", atau "HID"). (Simbol "+" menunjukkan profil yang sedang aktif).

  • Konfirmasi pilihan profil dengan menekan tombol Data.

  • Profil yang dipilih telah aktif.

Cara Menghubungkan Alat Ukur Sylvac ke PC/Laptop via Bluetooth

Untuk menghubungkan instrumen Sylvac ke PC/laptop via bluetooth, Anda perlu mengkonfigurasikannya dengan software Sylvac. Konfigurasi ini juga membutuhkan Sylvac Bluetooth USB Dongle yang dipasang pada PC/laptop. 

Dongle USB Bluetooth Sylvac dirancang untuk mengirimkan hasil dari alat ukur ke perangkat multiplexer, monitor tampilan, atau pengaturan yang dapat diprogram pada komputer. Bergantung pada konfigurasi rangkaian pengujian Anda, Dongle USB Bluetooth Sylvac memiliki 2 model: untuk aplikasi jarak jauh (>20 meter interaksi) dan aplikasi jarak dekat (<20 meter).

Konfigurasi Software Sylvac Vmux

  1. Buka perangkat lunak Sylvac yang Anda akan gunakan (misalnya Sylcom atau Vmux).

  2. Klik tombol "BT scan" untuk mencari perangkat Bluetooth yang tersedia.

  3. Aktifkan Bluetooth pada instrumen Sylvac Anda melalui menu "BT/ON". Jika instrumen pernah terhubung ke perangkat lain, lakukan reset pairing terlebih dahulu melalui menu "BT/RESET" agar instrumen dapat terhubung ke perangkat baru.

  4. Tunggu proses koneksi dan aktivasi layanan selesai.

  5. Kanal akan berubah warna menjadi hijau setelah koneksi dengan perangkat Bluetooth berhasil terhubung. Koneksi (Bluetooth) akan secara otomatis dibuat pada kanal berikutnya yang tersedia di port output berikutnya pada perangkat lunak Anda.

Tersedia pula aplikasi yang dapat Anda gunakan pada smartphone, yaitu dengan App Sylvac Anywhere. Aplikasi dapat diunduh pada App Store dan Play Store secara gratis. 

Spec Smartphone for Sylvac Anywhere

Cara Mereset Semua Pengaturan Instrumen Sylvac

Cara Reset Pengaturan Instrumen Sylvac

Berikut adalah cara mereset instrumen dan menghapus semua perangkat yang terhubung (profil yang dipilih tidak berubah dan teknologi Bluetooth tetap aktif. Parameter instrumen kembali ke pengaturan pabrik).

  • Tekan dan tahan bersamaan tombol Mode dan Set selama lebih dari 4 detik hingga muncul tulisan "rEsEt" di layar. 

  • Lepaskan tombol setelah melihat tulisan tersebut.

  • Instrumen akan restart.

  • Instrumen dan koneksi Bluetooth sekarang sudah direset.

Dengan melakukan reset ini, semua pengaturan instrumen akan kembali ke pengaturan pabrik, dan semua perangkat yang pernah terhubung melalui Bluetooth akan terhapus. Profil Bluetooth yang terakhir dipilih tetap aktif dan Bluetooth tetap menyala.

Cara Mereset Informasi Pairing Bluetooth Sylvac

Cara Reset Informasi Pairing Bluetooth Sylvac

Berikut adalah cara mereset Bluetooth dan menghapus semua perangkat yang terhubung:

  • Tekan tombol Mode berulang kali hingga menu "bt" muncul di layar.

  • Masuk ke menu dengan menekan tombol Set. Tekan sekali lagi tombol Set hingga menu "rEsEt" muncul.

  • Konfirmasi pilihan dengan menekan tombol Data.

  • Koneksi Bluetooth sekarang sudah direset.

Dengan melakukan reset ini, hanya informasi pairing Bluetooth yang terhapus. Pengaturan instrumen lainnya tidak terpengaruh. Semua perangkat yang pernah terhubung melalui Bluetooth akan hilang dari daftar pairing.

Distributor Alat Ukur Sylvac di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi produk alat ukur brand Sylvac di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan alat ukur di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.