Cara Mendeteksi Holiday pada Pipa sesuai Standard ASTM G62

August 21, 2024   |   In NDT

Sebagai bagian infrastruktur dalam industri, pipa berfungsi membawa berbagai macam bahan penting, seperti gas dan minyak. Agar bahan-bahan ini bisa sampai ke tujuan dengan aman, pipa harus dalam kondisi yang baik. 

Untuk memastikan lapisan pelindung pipa berfungsi dengan baik, dilakukan berbagai macam pemeriksaan. Pemeriksaan ini meliputi:

  1. Pengukuran ketebalan (dry film thickness measurement)

  2. Persiapan permukaan (surface preparation)

  3. Kondisi lingkungan (environmental conditions)

  4. Pengujian adhesi (adhesion testing)

  5. Pemeriksaan holiday/pinhole (holiday/pinhole detection)

Apa itu Deteksi Holiday?

Deteksi holiday

Deteksi Holiday (Holiday Detection) adalah pengujian non-destruktif yang dilakukan pada pelapis non-konduktif yang diterapkan pada substrat konduktif, seperti pipa. Dijelaskan oleh metode pengujian seperti ASTM G62, holiday detector menggunakan elektroda bermuatan yang dilewatkan di atas coating. 

Ketika ditemukan cacat (disebut juga holiday), arus listrik mengalir dari elektroda ke permukaan konduktif di bawahnya. Arus listrik kemudian kembali ke detektor melalui kabel ground, melengkapi rangkaian dan memicu alarm, sehingga inspektur mengetahui adanya cacat tersebut.

Holiday Detector dengan rentang DFT rekomendasi ASTM G62

Apa itu Standard ASTM G62?

ASTM G62 adalah standar yang menjelaskan dua metode untuk menemukan pinhole atau holiday pada lapisan pelindung pipa (pipeline coating) menggunakan alat khusus yaitu Holiday Detector.

Metode A: Digunakan untuk lapisan pelindung (coating) yang tipis (25μm hingga 0.254mm). Metode ini menggunakan alat PosiTest LPD Low voltage Pinhole Detector, dengan spons basah dan tegangan listrik rendah (kurang dari 100V DC).

PosiTest LPD

Metode B: Digunakan untuk lapisan pelindung (coating) yang tebal (lebih dari 250μm atau 10mm). Metode ini menggunakan alat PosiTest HHD atau PosiTest HHD C High voltage Holiday Detector, dengan sikat kawat datar (flat wire brush) atau rolling spring. Tegangan listrik yang digunakan lebih tinggi (antara 4 - 35kV DC).

PosiTest HHD

Kedua metode ini bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik melalui lapisan pelindung. Jika ada lubang kecil atau cacat, arus listrik akan bocor dan terdeteksi oleh alat. Alat ini kemudian akan memberikan sinyal peringatan, seperti bunyi atau lampu indikator, untuk memberitahu kita bahwa ada kerusakan pada lapisan pelindung.

Prosedur Kalibrasi, Verifikasi, dan Pengujian ASTM G62

Berikut ini adalah prosedur ASTM G62 untuk setiap metode pengujian menggunakan holiday detector PosiTest LPD (metode A) dan PosiTest HHD Series (metode B).

Catatan: Instruksi ini memberikan ringkasan prosedur yang digunakan untuk melakukan pengujian deteksi holiday sesuai dengan standar ASTM G62. Konsultasikan dan ikuti metode pengujian ASTM G62 sebelum melakukan pengujian.

1. Kalibrasi

ASTM G62 merekomendasikan kalibrasi tahunan yang dilakukan oleh pabrikan peralatan, agen yang berwenang, atau laboratorium kalibrasi terakreditasi yang disetujui oleh pabrikan. Sertifikat Kalibrasi yang dapat ditelusuri ke NIST harus disimpan bersama dengan instrumen. Semua alat pengujian pinhole dan holiday dari brand DeFelsko menyertakan Sertifikat Kalibrasi yang dapat ditelusuri ke NIST.

2. Verifikasi

Verifikasi tegangan output dan fungsi keseluruhan harus dilakukan sebelum dan setelah setiap periode penggunaan, jika detektor terjatuh, atau jika ketebalan pelapis atau elektroda berubah.

3. Prosedur Verifikasi ASTM G62

a. Verifikasi Tegangan Output

Catatan: PosiTest LPD, PosiTest HHD, dan PosiTest HHD C mengandung voltmeter terkalibrasi bawaan yang memverifikasi tegangan pada elektroda. Kecuali jika diperlukan, prosedur di bawah ini tidak diperlukan untuk DeFelsko pinhole detector atau holiday detector. Jika diperlukan untuk protokol QA, DeFelsko menawarkan PosiTest LPD Verifier dan PosiTest HHD Verifier Series.

  • Pastikan grounding dari holiday detector dan elektroda terhubung dengan benar.

  • Sambungkan kabel ground dari voltmeter tegangan tinggi ke konektor ground holiday detector.

  • Nyalakan holiday detector dan atur tegangan berdasarkan ketebalan lapisan coating yang diharapkan atau diukur. Kemudian, aktifkan output tegangan. Lihat tabel tegangan di bawah ini.

  • Sentuhkan elektroda ke permukaan yang dilapisi.

  • Letakkan ujung probe voltmeter pada elektroda holiday detector. Pengukuran voltmeter harus berada dalam 10% dari tegangan uji yang diinginkan.

  • Jika perlu, sesuaikan pengaturan tegangan holiday detector dan periksa ulang.

b. Verifikasi Fungsional

  • Temukan holiday yang diketahui dalam coating yang berdiameter 40 mil (1mm) yang mencapai substrat.

  • Nyalakan holiday detector dan aktifkan output tegangan. Sapu elektroda melintasi holiday yang diketahui sesuai dengan prosedur pengujian.

  • Pastikan alarm aktif ketika elektroda melewati holiday yang diketahui.

Prosedur Pengujian ASTM G62

Prosedur pengujian ASTM G62 dibagi menjadi metode A (low voltage pinhole detector) dan metode B (high voltage holiday detector).

1. Metode A (Holiday Detector Tegangan Rendah)

a. Rangkaikan alat holiday detector sesuai dengan petunjuk penggunaan yang diberikan oleh pabrikan (Periksa buku petunjuk PosiTest LPD). 

  • Basahi elektroda spons dengan air bersih dan pasang spons ke tongkat. 
  • Peras air berlebih dari spons hingga tidak lagi menetes. 

b. Sambungkan kabel ground ke bagian pipa yang tidak dilapisi.

c. Nyalakan alat.

d. Pilih tegangan uji. Alat ini akan secara otomatis memverifikasi tegangan yang telah dipilih.

e. Periksa apakah alat berfungsi dengan baik dengan meletakkan elektroda pada permukaan yang kosong. Lampu indikator dan alarm suara harus menyala.

f. Letakkan elektroda spons pada bagian pipa yang dilapisi. Alat ini memiliki fitur GroundSense™ yang memastikan alat terhubung dengan benar ke ground. Periksa apakah lampu indikator GroundSense™ tetap menyala dan tidak berkedip.

  • Jika lampu indikator berkedip, periksa sambungan kabel ground pada penjepit ground dan detektor.
  • Jika semua sambungan aman dan lampu masih berkedip, pasang kabel ground ke bagian pipa yang tidak dilapisi lainnya.

g. Alat detektor pinhole sekarang siap digunakan. Geserkan spons di atas permukaan yang dilapisi dengan kecepatan maksimal 0.3m/s. Jika spons menyentuh lubang kecil, semua lampu indikator akan menyala dan alarm suara akan berbunyi.

h. Gunakan sudut spons untuk menemukan dengan tepat lokasi lubang kecil tersebut. Kemudian, gunakan kapur atau pita pelukis untuk menandai lokasi lubang kecil tersebut agar dapat diperbaiki.

b. Metode B (Holiday Detector Tegangan Tinggi)

a. Rangkaikan alat holiday detector sesuai dengan petunjuk penggunaan yang diberikan oleh pabrikan (Buku petunjuk PosiTest HHD dan PosiTest HHD C).

  • Pasang batang elektroda dan elektroda, serta kabel ground.
  • Lalu pasang baterai.

b. Ukur ketebalan lapisan pelindung pada area yang akan diuji sesuai dengan ASTM D7091. PosiTector 6000 Coating Thickness Gage sangat cocok untuk tugas ini.

c. Pilih tegangan uji. Catatan: PosiTest HHD memiliki kalkulator tegangan bawaan. Alat ini meminta pengguna untuk memasukkan ketebalan lapisan pelindung pada bagian yang akan diuji dan standar yang ingin diikuti, lalu secara otomatis menghitung tegangan uji yang benar. 

Fitur Kalkulator Tegangan PosiTest HHD

 

Tegangan uji harus 1.5 kali kekuatan dielektrik udara pada ketebalan lapisan kering yang diukur, dihitung menggunakan hukum Paschen, ditambah 1500V. Untuk udara pada suhu dan tekanan atmosfer standar, tegangan tersebut dapat dihitung sebagai:

Rumus Tegangan ASTM G62

Temukan tabel pencarian tegangan untuk nilai ketebalan lapisan pelindung berdasarkan rumus di atas pada Appendix A: ASTM G62 Voltage Lookup Table.

ASTM G62 merekomendasikan bahwa setiap coating yang bervariasi secara substansial dalam ketebalan harus menggunakan beberapa pengaturan tegangan yang sesuai dengan DFT pada area yang sedang diuji.

Peringatan: Tegangan yang diatur tidak boleh melebihi kekuatan dielektrik pelapis atau dapat terjadi kerusakan. Periksa lembar data produk pabrikan untuk kekuatan dielektrik yang benar.

d. Ground-kan spesimen uji.

e. Pastikan permukaan yang dilapisi kering dan jauhkan elektroda setidaknya ½” (12.7mm) dari tepi yang terpotong atau diiris tanpa lapisan.

f. Nyalakan holiday detector tegangan tinggi. Catatan: Baca dan pahami dengan seksama manual instruksi yang berlaku sebelum mengaktifkan Mode Deteksi. Peringatan: Jangan menyentuh elektroda saat instrumen dihidupkan.

g. Gerakkan elektroda di atas spesimen uji dengan kecepatan kurang dari 0.3m/s (1ft/s). Pastikan elektroda menyentuh seluruh area yang dilapisi.

h. Alarm audio dan visual dari holiday detector akan dipicu jika melewati holiday, rongga, pinhole, atau area coating yang lebih tipis. Gunakan "pelacak pinhole" (Conductive Rubber Paddle) untuk secara tepat menemukan cacatnya.

i. Tandai lokasi holiday/pinhole menggunakan kapur atau painter tape.

j. Perbaiki coating.

k. Biarkan waktu yang cukup untuk perbaikan agar mengering sebelum melakukan pengujian ulang. Kondisi pengeringan umumnya ditentukan oleh pabrikan coating. Hanya area yang diperbaiki yang perlu diuji ulang hingga tidak ada cacat yang terdeteksi.

Laporan Pengujian ASTM G62

Laporan pengujian ASTM G62 harus berisi:

  • Identifikasi lengkap spesimen uji, (nama/nomor kode pelapis, diameter pipa, sumber, data produksi, dan nomor run produksi). Untuk pipa baja bergelombang pra-lapisan polimer, gunakan persyaratan pelaporan ASTM A742/A742M.

  • Nama dan jenis instrumen yang digunakan, metode verifikasi pengoperasian, dan apakah metode A atau B digunakan.

  • Jika metode B digunakan, daftar tegangan uji dan kekuatan dielektrik minimum yang dilaporkan dari pelapis (V/mm [V/mil]), jika diketahui.

Distributor Holiday Detector di Indonesia 

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi pinhole atau holiday detector di Indonesia. Jika Anda membutuhkan alat pendeteksi holiday pada coating untuk kebutuhan perusahaan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagramYoutubeLinkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.