Memilih Produk yang Tepat untuk Industri Marine & Offshore

July 23, 2024   |   In Events

Memilih Produk yang Tepat untuk Industri Marine & Offshore

Industri marine & offshore mengandalkan berbagai macam peralatan untuk menjalankan operasinya dengan aman dan efisien. Di antara berbagai peralatan tersebut, peralatan untuk perawatan dan perbaikan memegang peran krusial dalam menjaga keandalan dan kesiapan operasional kapal, platform lepas pantai, dan infrastruktur lainnya.

Peralatan ini tidak hanya digunakan untuk memperbaiki kerusakan, tetapi juga untuk:

  1. Inspeksi: Memeriksa kondisi struktur, komponen, dan sistem untuk mengidentifikasi potensi kerusakan atau keausan.

  2. Pemeliharaan preventif: Melakukan tugas-tugas pemeliharaan rutin untuk mencegah kerusakan atau keausan.

  3. Kalibrasi: Memastikan akurasi alat ukur dan instrumen lainnya.

  4. Pembersihan: Membersihkan struktur, komponen, dan sistem untuk mencegah korosi dan kontaminasi.

Dengan demikian, peralatan perawatan dan perbaikan menjadi kunci dalam meminimalkan downtime, meningkatkan keselamatan, dan memperpanjang usia aset di industri marine & offshore.

Contoh Alat Perawatan dan Perbaikan di Industri Marine & Offshore

Berikut adalah beberapa contoh peralatan perawatan dan perbaikan yang umum digunakan untuk industri marine & offshore:

1. Mesin Pengeboran (Drilling Machine)

Magnetic drill

Yaitu mesin drill untuk membuat lubang pada logam dan bahan lainnya, seperti untuk pemasangan baut, jangkar, dan pipa. Terdapat beberapa jenis mesin drill, salah satunya mesin bor magnet (magnetic drill). Mesin magnetic drill lebih unggul daripada mesin drill lainnya karena desain portabel dan memiliki magnet untuk menempel pada permukaan logam secara kuat. Dengan begitu, operator mesin dapat melakukan pengeboran dengan stabil, akurat, dan dapat mengurangi resiko terjepit atau terjatuhnya benda kerja.

2. Mesin Penandaan (Marking Machine)

Mesin Marking

Yaitu mesin marking untuk pembuatan label atau kode pada barang agar tidak tertukar, memungkinkan pelacakan berbagai komponen seperti katup, pipa, tangki, tabung, dan lain-lain, serta untuk keperluan pemasaran sebagai identitas merek seperti logo, nama perusahaan, dan lain-lain.

3. Alat Ukur (Measuring Tools)

Alat ukur

Yaitu alat untuk mengukur dimensi, ketebalan, dan jarak dari benda kerja dengan presisi dan terpercaya untuk memastikan akurasi dan konsistensi dalam proses produksi dan pemeliharaan. Alat ukur tersebut meliputi alat micrometer, caliper, thickness gauge dan dial gauge.

4. Mesin Pembersih (Cleaning Machine)

Mesin laser cleaning

Yaitu mesin yang digunakan untuk membersihkan struktur dan komponen yang digunakan, seperti menggunakan sandblasting, water blasting, maupun laser cleaning.

5. Alat Inspeksi (Inspection Tools)

Alat inspeksi

Yaitu serangkaian alat untuk mengidentifikasi potensi kerusakan atau keausan, meliputi Visual Inspection, Ultrasonic Testing, Eddy Current Testing, Holiday Testing, dan lain sebagainya.

Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan

Pemilihan peralatan perawatan dan perbaikan yang tepat sangat penting untuk memastikan keselamatan dan efisiensi operasi. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih peralatan ini meliputi:

1. Jenis tugas yang akan dilakukan

Peralatan harus dipilih berdasarkan jenis tugas yang akan dilakukan, seperti inspeksi, perbaikan, pemeliharaan preventif, kalibrasi, atau pembersihan. Pemilihan peralatan yang tepat juga bergantung pada jenis material, struktur, komponen, dan sistem yang akan diperiksa. 

2. Kondisi lingkungan

Peralatan harus dipilih agar dapat beroperasi dengan aman dan efektif dalam kondisi lingkungan yang keras, seperti air asin, angin kencang, dan suhu ekstrem.

3. Standar keselamatan

Peralatan harus memenuhi semua standar keselamatan yang berlaku, contohnya seperti standar IMO (International Maritime Organization) dan standar API (American Petroleum Institute).

Temukan Teknologi Terbaru Pada Peralatan Industri Marine & Offshore

LFC IMOX 2024

PT LFC Teknologi Indonesia akan hadir di Indonesia Marine & Offshore Expo (IMOX) 2024! Sebagai peserta pameran yang fokus pada solusi coating, inspeksi, marking, measuring, dan cleaning, kami sangat antusias untuk memperkenalkan kepada Anda produk-produk terbaru dan solusi inovatif di bidang ini.

Pada acara IMOX 2024, kami akan memamerkan:

  • Solusi coating dan inspeksi yang telah memenuhi standar industri.

  • Solusi marking yang menjamin keterlacakan yang andal dan meningkatkan efisiensi.

  • Solusi pengukuran digital yang cepat dan menunjang akurasi dan presisi dalam setiap pengukuran.

  • Solusi pengeboran inovatif dengan teknologi magnetic yang aman, presisi dan efisien.

  • Solusi inspeksi visual untuk menemukan kerusakan tersembunyi dan memastikan kualitas material.

  • Teknologi laser cleaning yang canggih untuk membersihkan permukaan material tanpa merusak permukaan.

Silakan kunjungi booth kami di No. 42 & 44. Pameran ini akan diselenggarakan pada hari Rabu - Jumat, tanggal 31 Juli 2024 s.d. 2 Agustus 2024 di Radisson Golf and Convention Centre, Batam, Indonesia.

Dapatkan Informasi Lebih Lengkap

Untuk berkonsultasi seputar kebutuhan mesin dan peralatan industri di perusahaan Anda silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagramYoutubeLinkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.