Perbedaan Ceramic Pin Gauge dan Carbide Pin Gauge

October 08, 2024   |   In Measurement

Perbedaan Ceramic Pin Gauge dan Carbide Pin Gauge

Eisen pin gauge adalah alat ukur presisi yang diproduksi oleh perusahaan Jepang, Eisen Co., Ltd tahun 1969. Alat ini dirancang khusus untuk mengukur diameter lubang dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Pin gauge sering digunakan dalam berbagai industri yang membutuhkan tingkat presisi yang tinggi, seperti otomotif, aerospace, elektronik, fabrikasi dan manufaktur. 

Eisen menawarkan berbagai pin gauge yang terbuat dari berbagai material, termasuk baja, carbide, ceramic, dan paduan logam keras. Namun, ceramic pin gauge dan carbide pin gauge adalah yang paling populer di industri.

Eisen Pin gauges

Ceramic Pin Gauge vs Carbide Pin Gauge 

1. Ceramic Pin Gauge

Terbuat dari bahan ceramic, umumnya zirconia, pin gauge jenis ini memiliki keunggulan dalam hal stabilitas dimensi, ketahanan terhadap suhu ekstrem, dan ketahanan terhadap korosi. Zirconia merupakan material ceramic yang sangat keras dan tahan aus, sehingga ceramic pin gauge memiliki umur pakai yang panjang.

2. Carbide Pin Gauge

Pin gauge carbide terbuat dari tungsten carbide, sebuah komposit yang sangat keras dan tahan aus. Tungsten carbide memberikan ketahanan yang sangat baik terhadap abrasi dan tekanan, sehingga carbide pin gauge cocok untuk aplikasi yang melibatkan pengukuran bahan yang keras atau abrasif.

Ceramic vs Carbide Pin gauges

Perbedaan Utama Ceramic Pin Gauge dan Carbide Pin Gauge

Fitur

Ceramic Pin Gauge

Tungsten Carbide Pin Gauge 

Material

Zirconia, sejenis ceramic yang dikenal karena kekerasan dan ketahanannya

Komposit tungsten dan karbon ini menawarkan kekerasan ekstrem dan ketahanan aus yang luar biasa

Kekerasan

Sangat keras, tahan gores dan abrasi

Sangat keras, salah satu bahan terkeras yang tersedia secara komersial

Ketahanan Korosi

Sangat baik, tahan terhadap sebagian besar bahan kimia

Sangat baik, tahan terhadap sebagian besar bahan kimia

Ketahanan Suhu

Sangat baik, tahan terhadap suhu tinggi dan rendah

Baik, tahan terhadap suhu tinggi

Konduktivitas Termal

Rendah

Rendah

Koefisien Ekspansi Termal

Rendah

Rendah

Stabilitas Dimensi

Sangat baik, dimensi sangat stabil

Baik, dimensi stabil

Biaya

Lebih mahal

Lebih terjangkau

Aplikasi

Pengukuran presisi tinggi, elektronik, medis, aerospace, dan metrologi

Pengukuran umum, otomotif, alat potong, dan cetakan

 

Kapan sebaiknya digunakan?

Gunakan ceramic pin gauge jika Anda membutuhkan:

  1. Akurasi tertinggi

  2. Pengukuran pada suhu ekstrem

  3. Kontak dengan bahan kimia korosif

Gunakan tungsten carbide pin gauge jika Anda membutuhkan:

  1. Kekuatan tinggi

  2. Daya tahan yang baik

  3. Opsi yang lebih terjangkau

Rekomendasi Produk Ceramic Pin Gauge

1. Eisen Pin Gauge EC Series

Seri EC berisi 51 pin gauge yang terbuat dari ceramic halus (zirconia) yang memiliki toleransi hingga ±1.5μm untuk pengukuran presisi tinggi dalam satuan mikron. Setiap ukuran standar meningkat 0.01 mm dan semua pin gauge adalah 58 HRC atau lebih keras. Ukuran kustom dan kombinasi juga dapat dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik. Ukuran ditunjukkan pada kotak plastik untuk gauge hingga 1.49 mm dan diukir laser pada gauge 1.50 mm dan lebih besar.

Eisen Pin Gauge EC Series

2. Eisen Pin Gauge ECS Series

Seri ECS berisi 51 pin gauge yang terbuat dari ceramic halus (zirconia) dengan pegangan yang memiliki toleransi hingga ±1.5μm untuk pengukuran presisi tinggi dalam satuan mikron. Setiap ukuran standar meningkat 0.01 mm dan semua pin gauge adalah 58 HRC atau lebih keras. Ukuran kustom dan kombinasi juga dapat dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik. Ukuran ditunjukkan pada kotak plastik untuk gauge hingga 1.49 mm dan diukir laser pada gauge 1.50 mm dan lebih besar.

Eisen Pin Gauge ECS Series

Dimensi

Rekomendasi Produk Carbide Pin Gauge 

1. Eisen Pin Gauge EG Series

Seri EG berisi 51 pin gauge yang terbuat dari tungsten carbide yang memiliki toleransi hingga ±1μm untuk pengukuran presisi tinggi dalam satuan mikron. Setiap ukuran standar meningkat 0.01 mm dan semua pin gauge adalah 58 HRC atau lebih keras. Ukuran kustom dan kombinasi juga dapat dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik. Ukuran ditunjukkan pada kotak plastik untuk gauge hingga 1.49mm dan diukir laser pada gauge 1.50mm dan lebih besar. 

Eisen Pin Gauge EG Series

2. Eisen Pin Gauge EGS Series

Seri EGS berisi 51 pin gauge yang terbuat dari tungsten carbide dengan pegangan yang memiliki toleransi hingga ±1μm untuk pengukuran presisi tinggi dalam satuan mikron. Setiap ukuran standar meningkat 0.01 mm dan semua pin gauge adalah 58 HRC atau lebih keras. Ukuran kustom dan kombinasi juga dapat dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik. Ukuran ditunjukkan pada kotak plastik untuk gauge hingga 1.49mm dan diukir laser pada gauge 1.50 mm dan lebih besar.

Eisen Pin Gauge EGS Series

Dimensi

Distributor Eisen di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Eisen pin gauge di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan pin gauge di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.